Selasa, 26 April 2011

Remote Dekstop

          Remote Desktop Protocol (sering disingkat menjadi RDP) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan oleh Microsoft Windows Terminal Services dan Remote Desktop. RDP dibuat berdasarkan protokol T.120 yang spesifikasinya diumumkan oleh International Telecommunication Union (ITU), yang juga merupakan protokol yang digunakan di dalam perangkat lunak konferensi jarak jauh Microsoft NetMeeting.
Klien-klien yang mendukungnya bervariasi, mulai dari sebagian besar sistem operasi Windows 32-bit (termasuk Windows CE dan PocketPC), hingga sistem operasi lainnya, seperti Linux, FreeBSD, UNIX Solaris, dan Apple Mac OS X. Secara default, server yang membuka protokol ini, akan membuka port TCP 3389. ( Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Remote_Desktop_Protocol)

          RD digunakan untuk mengendalikan sebuah komputer beserta aplikasi desktop dan resource-nya dengan menggunakan komputer lain yang terhubung melalui jaringan. Dengan menggunakan RD, kita dapat mengakses komputer kerja kita menggunakan perangkat komputer yang lain. RD memberikan kepada kita kontrol penuh terhadap komputer kerja, seperti kita melihat langsung di depan monitor kita.

Pada saat kita menggunakan layanan RD dari komputer lain, komputer kerja kita akan secara otomatis mengunci dirinya sehingga orang lain tidak dapat masuk –mengakses komputer kita selagi kita gunakan. Untuk mengembalikan ke status semula, kita bisa melakukan “disconect”.

Beberapa hal yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan layanan RD antara lain:

Kita dapat membiarkan komputer kita tetap bekerja ketika kita meninggalkan ruang kerja, dan kita tetap dapat melihat kerja komputer kita dengan menggunakan komputer yang lain.

  • Efisiensi dalam presentasi.
kita dapat mengakses komputer kerja kita yang ada di ruang kerja kita ketika kita harus presentasi di ruang rapat dengan menggunakan komputer lain. Dalam hal ini, kita dapat mengakses semua aplikasi yang kita punya, semua file dan semua sumber yang terhubung dengan komputer kita. Seperti kita bekerja langsung dengan komputer kerja kita. Jadi pada waktu presentasi, kita tidak perlu kuatir kekurangan data atau harus repot-repot membawa flashdisk kita.

  • Mengajar di ruang kelas tanpa membawa flashdisk.
Jika ruang kelas kita sudah terhubung dengan jaringan yang terhubung dengan ruang kerja kita, dan sudah diroutingkan (berharap dari pengelola jaringan lokal untuk meroutingkan ruang kelas dengan ruang kerja dosen-guru), maka kita dapat langsung mengakses bahan-bahan ajar kita yang ada di komputer kerja kita dari ruang kelas. Tidak hanya file power point, file video, file dokumen saja tapi juga bisa aplikasi-aplikasi tertentu yang diperlukan.

  • Memonitoring penelitian kita di Laboratorium.
Bila kita mengerjakan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer di Lab, kita masih bisa memonitor dan melanjutkan apa yang kita kerjakan di komputer Lab dari komputer di ruang kerja kita. Tentunya dalam hal ini Laboratorium terhubung dengan ruang kerja kita dan diroutingkan oleh pengelola jaringan lokal.

  • Meningkatkan kerja sama dengan rekan kerja kita.
Misalnya, bersama-sama memperbaikii bahan ajar, bahan presentasi, analisis hasil penelitian dan lain-lain. Karena kita seperti membawa komputer kita untuk berdiskusi dengan rekan kerja kita di ruang kantornya.

Tentunya masih banyak lagi efisiensi yang bisa kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas RD ini.

Proses Pengaktifan layanan RD sebagai berikut :

  1. Pertama kita harus mengetahui nama dari computer kita yaitu dengan melihat di System. 


Dari data di atas di ketahui bawa computer ini bernama lab-web-13. 

2. Kemudian kita mengaktifkan remote dengan memilih remote dan klik allow user to connect remotely to this computer setelah itu apply dan ok.

  
      
       
     3.    Setelah itu berilah keamanan pada desktop anda dengan memasang  password yang aman.




4.    Dan untuk meremote komputer lain yaitu dengan langkah-langkah sebagai berikut :
a.     Click Start - All Programs - Accessories - Communications - Remote Desktop Connection.
b.     Kemudian masukan IP computer yang ingin di remote. Dan pilih connect.

 
c.     Lalu anda akan masuk pada log on windows yang akan menghubungkan pada computer yang ingin anda remote.
d.     Setelah itu masukan password computer yang ingin anda remote lalu tekan ok. Dan secara otomatis computer yang anda remote akan tampil di layar computer anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar